Rabu, 28 Januari 2009

Masa SMA

Masa SMA? Mungkin itu merupakan masa paling indah yang takkan terlupakan. Masa di mana kita mulai mencari jati diri. Masa di mana kita mulai beranjak dewasa dan menjadi seseorang yang berbeda baik dari segi fisik maupun mental. Di masa ini kita juga mulai mengenal yang namanya cinta.

Saya, yang juga merupakan seorang pelajar SMA merasakan hal itu. Proses mencari jati diri yang mungkin bagi sebagian remaja sangat berat rasanya. Meninggalkan masa kanak-kanak dan juga sifat kekanak-kanakan. Dalam proses mencari jati diri, sebagian remaja akan mengalami sangat banyak kendala. Mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun teman sebaya.

Dalam hal ini, peran yang paling mendominasi dalam penentuan jati diri seorang remaja adalah teman dekat. Banyak remaja yang sifatnya berubah karena teman dekat. Apa lagi kalau sudah dalam bentuk kelompok, atau yang sekarang sering disebut dengan geng. Kelompok-kelompok seperti ini merupakan yang paling rawan terkena dampak negatif dalam proses pencarian jati diri. Mereka sudah memilik rasa solidaritas yang tinggi, sehingga apa yang dilakukan salah satu anggota kelompok, maka yang lainnya akan mengikuti, walaupun mungkin akan berdampak buruk bagi dirinya.

Dalam kelompok-kelompok tersebut, yang memiliki solidaritas yang sangat tinggi adalah remaja putri. Kelompok remaja putri memiliki ke dekatan yang terhadap sesama anggota kelompok atau teman dekatnya lebih dari keluarga atau orang tua. Saking dekatnya, mereka sampai- sampai menginap di rumah temannya, tidur bersama, jalan bersama, makan bersama, semua yang dilakukannya selalu bersama. Merekapun akan merasa ganjil bila mereka tak bersama lagi.

Berbeda dengan kelompok-kelompok remaja laki-laki yang sifatnya cuek, kurang memperhatikan teman sendiri, rasa solidaritasnya tinggi namun mungkin dalam hal yang menjurus ke perbuatan yang tidak baik. Seperti membantu teman saat ujian, membantu teman dalam perkelahian, dan lain-lain. Namun hanya sebagian saja kelompok remaja yang seperti itu.

Dari situ, peran orang tua dan guru sangat penting dalam menanggulangi masalah seperti itu, serta membantu remaja yang sedang mengalami krisis jati diri. Orang tua juga harus lebih memperhatiakan anaknya yang sudah beranjak dewasa dan lebih sering meluangkan waktu bersama dan saling berdiskusi.

2 komentar:

  1. perlu sedikit sentuhan nak gaul deh kykx
    rangnya seperti aku.......

    BalasHapus
  2. masa SMA memang menyenangkan...
    dan sekaligus masa membosankan...

    BalasHapus

Silahkan beri komentar...